Analisis Dampak Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Peserta Mata Kuliah Apresiasi Sastra

Authors

  • Berthin Simega Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Milka Milka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Ravdi David Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8195

Abstract

Gawai berpengaruh terhadap pemahaman materi ajar mahasiswa dalam proses pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gawai terhadap pemahaman materi ajar mahasiswa dalam proses pembelajaran jarak jauh bagi peserta mata kuliah Apresiasi Sastra. Penelitian ini berjenis Mix Methods, penggabungan kuantitatif-kualitatif. Mengumpulkan data dilakukan melalui teknik (1) Observasi, (2) angket, dan (3) dokumen. Hasil penelitian menyatakan bahwa gawai berpengaruh secara tidak langsung terhadap pemahaman materi ajar sastra bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai pada pembelajaran jarak jauh berperan meningkatkan pemahaman materi ajar sastra bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia khususnya pada mata kuliah Apresiasi Sastra. 

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Simega, B. ., Milka, M., & David, R. . (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Peserta Mata Kuliah Apresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 523–533. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8195