Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas V SDN 097319 Siopat Suhu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8173Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitngan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni sebesar 13,722 lebih besar dari pada yakni 2,064. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.Downloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Sinaga, . . S. E. ., Napitupulu, . R. P., & Sidabutar, . Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 396–403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8173
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Samaria Enjelina Sinaga, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









