Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah pada Penyelesaian Soal Cerita Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8159Abstract
Tingkat pemahaman siswa kelas rendah yang masih mengalami kesulitan membaca berpengaruh pada penyelesaian soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara membaca dengan penyelesaian soal matematika. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD N Dayu 03 gasal Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Teknik sampling menggunakan purposive sampling pada siswa dengan kategori prestasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa permasalahan membaca siswa di kelas rendah hendaknya diselesaikan di kelas I atau tingkat sebelumnya di TK. Siswa yang masih mengami permasalahan membaca perlu ditingkatkan kegiatan literasinya di sekolah maupun di rumah dengan guru membuatkan kegiatan yang memotivasi siswa yang dapat digunakan di sekolah dan di rumah dengan tema-tema yang dikaitkan dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Merutinkan untuk memberikan soal cerita matematika pada siswa agar siswa belajar membaca secara bermakna sekaligus belajar menjawab soal matematika.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Prihastari, E. B. . (2022). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah pada Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 328–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8159
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ema Butsi Prihastari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).