Integrasi Kegiatan Menggunakan Media Massa untuk Pembelajaran Mata Kuliah ESP for Mass Media di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8146Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskripsi sekaligus eksperimen yang dihasilkan dari pengalaman sesungguhnya. Penelitian ini juga dapat dikatakan sebagai penelitian pustaka karena sebagian besar data bersumber dari dokumen atau pustaka. Permasalahan penelitian difokuskan tentang mata kuliah ESP for Mass Media secara umum dan bagaimana kurikulum mata kuliah ESP for Mass Media diterapkan dalam setiap pertemuan secara khusus. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana kurikulum ESP for Mass Media dan bagaimana kurikulum tersebut diterapkan dalam kegiatan belajar di setiap pertemuan. Penerapan kurikulum dituangkan dalam kegiatan yang bersifat integrasi antara semua topik pembahasan terkait dengan Mass Media dan keterampilan berbahasa, yaitu: berbicara, menulis, membaca, dan mendengar. Sumber data adalah dokumen resmi terkait dengan kurikulum dan mata kuliah ESP for Mass Media. Selain menggunakan dokumen yang sudah ada, data penelitian ini juga bersumber dari rekaman langsung pelaksanaan pembelajaran mata kuliah ESP for Mass Media selama 1 semester. Hasil penelitian adalah RPS mata kuliah untuk 1 semester, 14 modul pembelajaran, dan seperangkat tes untuk tengah dan akhir semester. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk kegiatan pembelajaran di semester-semester yang akan datang. Kata Kunci: kurikulum, mass media, integrasi, pembelajaran, materi belajar.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Bambang Trisno Adi, & Juliansyah, J. (2022). Integrasi Kegiatan Menggunakan Media Massa untuk Pembelajaran Mata Kuliah ESP for Mass Media di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1797–1807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8146
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Bambang Trisno Adi, Juliansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).