Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8135Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs, yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang bejumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Hasil Belajar IPA siswa kelas V pada proses pembelajaran sebelum menggunakan metode Pembelajaran Role playing pada soal pre-test memliki rata-rata dengan nilai 40,67 namun pada saat sesudah digunakan nya metode pembelajaran Role playing dalam proses pembelajaran dan di uji kembali pada soal post-test memliki rata-rata dengan nilai 79,5 Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa di kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun setelah menggunakan metode pembelajaran Role Playing.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Hasibuan, L. W. V. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 217–223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8135
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lestari Widya Veronica Hasibuan, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).