Rancangan Program Pelayanan BK Berbasis Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Negeri 2 Bukittinggi (Studi pada Kelas XI Tata Boga)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8111Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rasa malas dan juga tidak ada dukungan dari orang tua yang menyebabkan peserta didik sering menunda dalam membuat tugas dan pada akhirnya bisa berdampak pada prestasi belajar peserta didik menurun. Prokrastinasi yang dilakukan oleh peserta didik ini akan berdampak pada tidak tercapainya hasil belajar yang maksimal dan memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik dan membuat rancangan program layanan konseling tentang faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMK Negeri 2 Bukittinggi sebanyak 102 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 59 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian tentang faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik berada pada kriteria banyak dan berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi untuk Guru BK agar dapat mempergunakan rancangan program pelayanan BK yang telah peneliti rancang untuk kelas XI SMK Negeri 2 Bukittinggi.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Syifani, S. ., Putra, F. ., & Adison, J. . (2022). Rancangan Program Pelayanan BK Berbasis Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Negeri 2 Bukittinggi (Studi pada Kelas XI Tata Boga). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13–19. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8111
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shonya Syifani, Fuaddillah Putra, Joni Adison
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).