Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 1 Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8080Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA yaitu dengan presentase hasil belajar sebesar 33%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas III SD Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik engumpulan data pada penelitian ini menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah diterapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning pada siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 65,8 dengan persentase ketuntasan 45,8%. Pada Pertemuan kedua nilai rata-rata yaitu 69,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,7%. Setelah diadakan perbaikan data hasil belajar siklus II meningkat pada pertemuan pertama nilai rata-rata peserta didik adalah 75 dengan persentase ketuntasan 75%. Pada pertemuan ke dua, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan Hasil belajar IPA Tema 1 Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Dukuh Tengah.Downloads
Published
2022-10-30
How to Cite
Prastika, D. T. ., Mujinem, M., & Fheasta, A. N. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 1 Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8507–8518. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8080
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dian Try Prastika, Mujinem, Andri Noviati Fheasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









