Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas 3 Sdn 273/Vi Sungai Putih Ii

Authors

  • Deti Wulan Dari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fathurrohman Fathurrohman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Winur Purbo Sejati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8033

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya krativitas belajar siswa kelas 3 SDN 273/VI Sungai Putih II khususnya dalam pemeblajaran tema 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas 3 SDN 273/VI Sungai Putih II pada Tema 2 menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan model Problem Based Learning  pada siklus 1 untuk persentase kreativitas siswa berdasarkan kategori cukup kreatif, kreatif, dan sangat kreatif mencapai 76,75% dari keseluruhan 16 siswa. Pada diklus II persentase kreativitas mencapai 84,85%. Dilihat dari rerata skor terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,1%.Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Baser Learning dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa tema 2 kelas III SDN 273/VI Sungai Putih II.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Dari, D. W. ., Fathurrohman, F., & Sejati, W. P. . (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas 3 Sdn 273/Vi Sungai Putih Ii. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8312–8320. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8033