Analysis Curriculum 2013 Science Textbooks based on Concept Accuracy and Feasibility of Living Material Contents

Authors

  • Adi Maladona Universitas Galuh
  • Nur Ilmiyati Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8032

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi isi, ketepatan konsep materi. Dari hasil analisis relevansi isi materi terhadap silabus pembelajaran Kurikulum 2013 pada materi Makhluk Hidup ditemukan 10 indikator pembelajaran dengan 8 indikator pembelajaran tertampung dan 2 indikator pembelajaran tidak terakomodir atau 80% materi tergolong baik. Ketepatan konsep materi ditemukan 12 konsep materi dengan 66,7% materi memadai, 33,3% materi kurang atribut dan 0% materi tidak dituntut dalam indikator pembelajaran, hal ini menunjukkan konsep materi dalam buku ajar sama-sama relevan. Analisis wacana materi menghasilkan representasi pengajaran dengan kedalaman materi elaborasi level 4 sehingga cakupan materi tergolong baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran kurikulum 2013.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Maladona, A. ., & Ilmiyati, N. . (2022). Analysis Curriculum 2013 Science Textbooks based on Concept Accuracy and Feasibility of Living Material Contents. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8303–8311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8032