Manajemen Kepala Madrasah dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7987Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap manajemen kepala madrasah dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di MIN 3 Tanah Datar terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian lapangan. Informan penelitian berjumlah 3 orang: Kepala madrasah, wakil madrasah bidang kurikulum, dan guru madrasah. Hasil penelitian menunujukan: 1) Tahapan perencanaan diketahui bahwa kepala madrasah telah melaksakan tugasnya terkait dengan a) peningkatan kemampuan siswa dengan cara mengevaluasi pembelajaran daring menjadi luring dengan membagi mereka kedalam kelompok berdasarkan kemampuannya untuk mencapai SKL & KD, b) memaksimalkan pembelajaran daring menganalisis dan melakukan remedial kepada siswa yang memiliki skor di bawah KKM, c) selanjutnya adalah menugaskan wakil kurikulum untuk membagi tugas guru dalam membuat model, perangkat, dan penilaian pembelajaran. Sementara untuk wali kelas, dia memiliki tanggungjawab lebih dengan tambahan mensosialisasikan apa yang telah dirancang guru kepada orang tua murid; 2) Berkaitan dengan tahapan pelaksanaan, adanya upaya kepala madrasah telah melaksakan tugasnya berkaitan dengan beberapa hal, yaitu: a) upaya dalam memberikan ruang bagi guru untuk meningkatkan keahlian mengajarnya melalui keikutserataannya dalam pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar, b) upaya motivasi yang dilakukan kepala madrasah terhadap guru terkait tujuan pembelajaran; 3) Berkaitan dengan tahapan pengawasan, kepala madrasah telah melakukan pengawasan baik lansung maupun tidak. Pengawasan lansung berupa masuk ke kelas-kelas, Sedangkan tidak lansung dilakukan melalui pertanyaan-pertanyaan kepada forum rapat yang dilakukan.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Hidayat, R. ., Asmendri, A., & Muchlis, L. S. . (2022). Manajemen Kepala Madrasah dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Tanah Datar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8092–8101. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7987
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Riyan Hidayat, Asmendri, Lita Sari Muchlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









