Pengaruh Adiksi Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngawen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7944Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang bermain gadget di lingkungan sekolah dan dicurigai memiliki kecenderungan adiksi gadget dan minat belajar yang cenderung rendah di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Ngawen, khususnya kelas XI IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh adiksi gadget terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sampai dengan 4 dengan jumlah 132 siswa. Kelas XI IPS 2 adalah kelas yang dipergunakan untuk try out dengan jumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 97 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala adiksi gadget dan skala minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh analisis uji regresi linier sederhana dengan nilai koefisien regresi variabel adiksi gadget (X) sebesar 0,341 (dengan tanda positif) menunjukkan jika setiap terjadi penambahan skor variabel adiksi gadget sebesar 0,341 maka dapat menurunkan variabel minat belajar sebesar 3,41% dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,172 yang artinya variabel adiksi gadget memberikan sumbangan pengaruh sebesar 17,2% untuk mempengaruhi minat belajar siswa, sedangkan 82,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi adiksi gadget maka semakin rendah minat belajar siswa.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Ningsih, D. . (2022). Pengaruh Adiksi Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7894–7899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7944
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwi Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).