Analisis Variasi Model dan Media Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kota Lhokseumawe

Authors

  • Ratna Unaida Universitas Malikussaleh
  • Isna Rezkia Lukman Universitas Malikussaleh
  • Sri Setiawaty3, Najiha Sabrina Universitas Malikussaleh
  • Zahara Zahara Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7899

Abstract

Salah satu kesuksesan dalam proses pembelajaran yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik, seperti variasi model, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variasi model, dan media dalam pembelajaran kimia di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di SMA Negeri Lhokseumawe kelas XI IPA, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster sampling, sampel yang diambil yaitu siswa di SMA Negeri 1, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 7 di Kota Lhokseumawe. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini digunakan angket. Angket tersebut dibuat berdasarkan skala likert dengan 4 jawaban yang sudah tersedia. Sedangkan teknik analisa data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian variasi model dan media dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kategori “sangat baik” adalah  42%, kategori “baik”, 53%, kategori “kurang baik 5%”, dan pada kategori “tidak baik” 0%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kimia, Media, Variasi Model

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Unaida, R. ., Lukman, I. R. ., Sabrina, S. S. N. ., & Zahara, Z. (2022). Analisis Variasi Model dan Media Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kota Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7219–7225. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7899