Analisis Variasi Model dan Media Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7899Abstract
Salah satu kesuksesan dalam proses pembelajaran yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik, seperti variasi model, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variasi model, dan media dalam pembelajaran kimia di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di SMA Negeri Lhokseumawe kelas XI IPA, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster sampling, sampel yang diambil yaitu siswa di SMA Negeri 1, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 7 di Kota Lhokseumawe. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini digunakan angket. Angket tersebut dibuat berdasarkan skala likert dengan 4 jawaban yang sudah tersedia. Sedangkan teknik analisa data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian variasi model dan media dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kategori “sangat baik” adalah 42%, kategori “baik”, 53%, kategori “kurang baik 5%”, dan pada kategori “tidak baik” 0%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kimia, Media, Variasi ModelDownloads
Published
2022-10-24
How to Cite
Unaida, R. ., Lukman, I. R. ., Sabrina, S. S. N. ., & Zahara, Z. (2022). Analisis Variasi Model dan Media Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kota Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7219–7225. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7899
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ratna Unaida, Isna Rezkia Lukman, Sri Setiawaty3, Najiha Sabrina, Zahara Zahara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).