Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522

Authors

  • Sonia Dhelafani Universitas HKBP Nommensen
  • Christa Voni Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda Pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522 Perumnas Batu VI Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental design tipe one-group pretest-posttes design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 097355 Perumnas Batu VI yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 15 perempuan dan  yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes pre-test dan tes post-test yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data nilai post-test dengan menggunakan uji-t Paired Samples Test yaitu di dapat nilai signifikansi lebih kecil dari nilai ? (0,000 < 0,05). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 2 wujud benda pada siswa kelas III SD Negeri 097522 Perumnas Batu V.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Dhelafani, S. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7094–7104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7855