Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi Nilai Karakter Pada Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7827Abstract
Peserta didik SD Negeri Sindurjan khususnya kelas IV masih mengalami masalah dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan produk pengembangan ensiklopedia terintegrasi nilai karakter pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku sesuai dengan prosedur Research and Development, (2) Mengetahui kelayakan ensiklopedia terintegrasi nilai karakter pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang diadaptasi dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sindurjan yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Tahap implementasi pada penelitian ini yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Analisis data dengan menghitung kelayakan dan kepraktisan menggunakan persamaan yang telah ditentukan yang kemudian hasil persentase diubah ke dalam bentuk nilai selanjutnya ke dalam skala empat. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kelayakan dan kepraktisan ensiklopedia terintegrasi nilai karakter dikategorikan sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SD. Berdasarkan hasil kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu ahli media dengan mendapatkan skor yang diperoleh yaitu 3,7 tergolong kriteria sangat valid dam oleh ahli materi dengan mendapatkan skor yang diperoleh yaitu 3 tergolong kriteria valid. Kepraktisan eniklopedia terintegrasi nilai karakter pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku mendapatkan skor rata-rata 3,5 yang tergolong dalam kriteria sangat praktis.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Kurniasari, I. ., Anjarini, T. ., & Khaq, M. . (2022). Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi Nilai Karakter Pada Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6954–6960. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7827
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Iva Kurniasari, Titi Anjarini,Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).