Implementasi Media Edpuzzle Dengan Aplikasi Plotagon Dalam Pembelajaran Cerpen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7826Abstract
Di era pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran virus secara meluas. Guru dituntut untuk melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran daring ini untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu alternatif pembelajaran daring dapat dilakukan melalui media Edpuzzle dengan Aplikasi Plotagon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi Edpuzzle Dengan Aplikasi Plotagon dalam pembelajaran Cerpen serta respon siswa terhadap penggunaan Edpuzzle Dengan Aplikasi Plotagon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan sampel sebanyak 5 siswa SMA dari beragam sekolah yang berada dalam lingkup wilayah Kota Tangerang Selatan. Teknik analisis data dengan deskripsi hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Edpuzzle dan Aplikasi Plotagon dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memahami unsur sebuah cerpen yang dapat disukai oleh siswa karena dengan metode visual dapat menumbuhkan minat dalam pembelajaran cerpen, namun masih ada kecenderungan siswa yang memberikan tanggapan negatif dikarenakan ketersediaan fasilitas gawai dan terkendala jaringan internet. Namun dengan demikian, pembelajaran Edpuzzle dengan Aplikasi Plotagon dapat dijadikan salah satu alternatif inovasi pembelajaran di era pandemi saat ini.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Kemalasari, D. N. . (2022). Implementasi Media Edpuzzle Dengan Aplikasi Plotagon Dalam Pembelajaran Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6939–6953. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7826
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dinda Nurayu Kemalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









