Pengaruh Kulitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di RS Dewi Sri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7805Abstract
Meningkatnya taraf kesejahteraan masyarakat berbanding lurus dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diinginkan masyarakat seperti fasilitas, sarana prasarana yang memadai, mumpuni dan baiknya kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga masyarakat merasa nyaman dan hak untuk mendapatkan kesehatan terpenuhi. Penelitian ini dilakukan dengan Quantitative research approach dengan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas (kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2)) terhadap variabel terikat (kepuasan pasien) di RS Umum Dewi Sri. Sample dipilih dengan teknik purposive sampling. Kuesioner berskala likert terkait kualitas pelayanan, fasilitas dan kepuasan pelanggan dibagikan dengan tujuan untuk pengumpulan data. Data kemudian dianalisis dengan persamaan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 26. Kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas pelayanan (X2) merupakan variabel bebas, sedangkan kepuasan pasien (Y) merupakan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (variabel bebas X1) dan fasilitas (variabel bebas X2) secara serentak dan terpisah sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien (variabel terikat Y).Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Arifianti, D. P. . (2022). Pengaruh Kulitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di RS Dewi Sri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6859–6869. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7805
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dhika Puspita Arifianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).