Pengaruh Model Artikulasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Sumber Energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar

Authors

  • Anna Yulitasari Sumbayak Universitas HKBP Nommensen
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7796

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Artikulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema sumber energi di SD Negeri121309 pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) Ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan model Artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar (Ha diterima) dan (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan model artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar (H_O diterima). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil t_hitung sebesar 9,016 dan t_tabel 1,699 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema sumber energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Sumbayak, A. Y. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, . C. L. . (2022). Pengaruh Model Artikulasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Sumber Energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6790–6801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7796

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2