Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear 2 Variabel Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3 Kota Medan

Authors

  • Marco Van Basten Siagian Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Sari Sitanggang Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Putri Yenni Hutahaean Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Efron Manik Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7791

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model contextual teaching and learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3 Kota Medan pada materi sistem persamaan linear 2 variabel. Berdasarkan hasil perhitungan dilihat dari rata-rata nilai keaktifan sebelumnya untuk keaktifan belajar siswa yaitu ? 62% dan berpengaruh terhadap hasil belajar yaitu 45 dimana, hasil ini didapatkan oleh penggunaan model pembelajaran guru yang masih konvensional. Setelah dilakukan penelitian nilai keaktifan belajar siswa yaitu 87,5% serta hasil belajar yang didapatkan yaitu 80. Dari hasil pembahasan didapat model contextual teaching and learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi sistem persamaan linear 2 variabel yang dapat meningkatkan keaktifannya sesuai indikator keberhasilan yang diinginkan. Penelitian yang dilakukan dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model contextual teaching and learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3 Kota Medan pada materi sistem persamaan linear 2 variabel.

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Siagian, . M. V. B. ., Sitanggang, S. ., Hutahaean, . P. Y. ., Manik, E. ., & Naibaho, T. . (2022). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear 2 Variabel Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3 Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6754–6762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7791