Profil Etika Komunikasi Peserta Didik dengan Guru di Media Sosial Whatsapp pada Kelas XI IPS SMAN 1 Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7771Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi ditemukannya permasalahan tentang etika komunikasi peserta didik dengan guru di media sosial whatsapp. Tujuannya untuk mendeskripsikan: 1.) etika komunikasi peseta didik dengan guru dilihat dari salam pembuka. 2.) dilihat dari perkenalan diri. 3.) dilihat dari kata yang bertele-tele. 4.) dilihat dari bahasa yang digunakan. 5) dilihat dari waktu pengiriman pesan. 6.) dilihat dari peraturan yang berlaku.7.) dilihat dari jangan menyela atau memotong pembicaraan. 8.) dilihat dari salam penutup.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Basa Ampek Balai yang berjumlah 135 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 orang peserta didik, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis digunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1.) etika komunikasi peseta didik dengan guru dilihat dari salam pembuka berada pada katagori kurang baik. 2.) dilihat dari perkenalan diri berada pada katagori kurang baik. 3.) dilihat dari kata yang bertele-tele berada pada katagori kurang baik. 4.) dilihat dari bahasa yang digunakan berada pada katagori kurang baik. 5) dilihat dari waktu pengiriman pesan berada pada katagori kurang baik. 6.) dilihat dari peraturan yang berlaku berada pada katagori kurang baik.7.) dilihat dari jangan menyela atau memotong pembicaraan berada pada katagori kurang baik. 8.) dilihat dari salam penutup.Berada pada kategori kurang baik.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Susanti, R. ., Yasmi, F. ., & Dianto, M. . (2022). Profil Etika Komunikasi Peserta Didik dengan Guru di Media Sosial Whatsapp pada Kelas XI IPS SMAN 1 Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6633–6640. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7771
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Redeni Susanti, Fifi Yasmi, Mori Dianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).