The Application Of Differentiated Instruction At The Second Grade Students Of Smp N 2 Bilah Hilir In Writing Descriptive Text

Authors

  • Oktavia Derma Gultom Nommensen HKBP University
  • Jesica Sandrina Lumbantobing Nommensen HKBP University
  • Bloner Sinurat Nommensen HKBP University
  • Nenni Triana Sinaga Nommensen HKBP University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7753

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks deskriptif siswa dengan penerapan metode pembelajaran Differentiated Instruction pada kelas II SMPN 2 Bilah Hilir. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas untuk mencapai tujuan tersebut. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa. Penelitian ini membagi persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi ke dalam empat siklus. Studi ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis anak-anak meningkat. Rata-rata pre-test hingga post-test untuk siklus I dan II adalah analisis penulis terhadap penelitian ini. Pada pre-test, nilai rata-rata menulis siswa adalah 61,82, dan hanya 7,14% siswa yang lulus KKM. Kemudian, nilai rata-rata siswa meningkat setelah peneliti menerapkan metode pembelajaran Differentiated Instruction. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata post-test siklus I yang mencapai 73,10, dan siswa yang tuntas KKM meningkat sebesar 53,57%. Penulis melakukan siklus berikutnya untuk mendapatkan peningkatan yang lebih signifikan. Pada siklus II, nilai rata-rata menulis siswa mencapai 80,21, dan siswa yang lulus KKM adalah 85,71%. Dari data nilai siswa dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Differentiated Instruction meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif. Nilai siswa lebih tinggi dari sebelumnya. Akhirnya, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Differentiated Instruction sebagai metode pembelajaran untuk mengajarkan keterampilan menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif, yang ditunjukkan dengan peningkatan mereka di setiap hasil tes.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Gultom, O. D. ., Lumbantobing, J. S. ., Sinurat, B. ., & Sinaga, N. T. . (2022). The Application Of Differentiated Instruction At The Second Grade Students Of Smp N 2 Bilah Hilir In Writing Descriptive Text. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6559–6565. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7753