Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Azmy Hadisa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kecerdasan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04, (3) menganalisis hubungan kecerdasan sosial dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela IV SDN Sawah 04 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 71 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil perhitungan uji hipotesis untuk uji koefisien korelasi terdapat nilai korelasi sebesar 0,553 dan berdasarkan tabel kriteria korelasi nilai berada pada rentang 0,40-0,599 yang artinya tingkat hubungan kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sawah 04 Kota Tangerang Selatan termasuk kepada korelasi cukup dengan tingkat kecerdasan sebesar 57,4% sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya pola asuh orang tua, status pendidikan orang tua.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Hadisa, A. ., Magdalena, I. ., & Zuliani, R. . (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6408–6416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7721