Gambaran Minat Belajar Mahasiswa Rekam Medis Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7659Abstract
Penyebaran virus covid-19 yang sangat cepat dan telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, membawa pengaruh kepada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan, sehingga dilakukan pemberlakuan pembelajaran secara daring dari rumah sebagai upaya menekan penyebaran virus. Tujuan Penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana minat belajar Mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah pendukung kompetensi klasifikasi, kodefikasi penyakit di masa pandemi covid-19 berdasarkan tiga indikator yaitu indikator pemusatan pikiran, perasaan dan perhatian mahasiswa dalam pembelajaran, indikator perasaan senang dan indikator keterlibatan mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, perhitungan besar sampel menggunakan rumus slovin, didapatkan 205 sampel dengan metode pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Dari hasil penelitian didapatkan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah pendukung kompetensi klasifikasi, kodefikasi penyakit berdasarkan tiga indikator didapatkan minat belajar mahasiswa masih dalam kategori rendah dengan persentase 51.2% dan minat belajar dalam kategori tinggi dengan persentase 48.8%.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Amalia, . . . A. ., Rumana, N. A. ., Putra, D. H. ., & Fannya, P. . (2022). Gambaran Minat Belajar Mahasiswa Rekam Medis Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6083–6093. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7659
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alvina Amalia, Nanda Aula Rumana, Daniel Happy Putra3 Puteri Fannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).