Internalisasi Kedisiplinan Guru PAI dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa

Authors

  • Ajeng Putri STAI Siliwangi Garut
  • Tedy Sutandy Komarudin
  • Nilna Azizatus Shofiyyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7606

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  internalisasi kedisiplinan guru PAI dalam mengembangkan soft skill siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam perilaku, pola pikir serta tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang mana disini mengungkapkan fenomena pengalaman yang diperoleh berdasarkan kesadaran pada beberapa individu. Sedangkan dalam teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara secara mendalam, catatan lapangan, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif serta dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan  Triangulasi, membercheck , serta audit trail. Hasil penelitian ini adalah mengetahui tentang internalisasi kedisiplinan guru PAI dalam mengembangkan Soft skill Siswa di SMA Plus Nurul Iman Leles, bahwa sebagian besar siswa-siswi SMA Plus Nurul Iman Leles sangat berpotensi untuk mengembangkan soft skill. Namun ada beberapa siswa yang masih perlu dorongan dari orang tua, teman dan lingkungannya, sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengembangkan soft skill.

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Ajeng Putri, Tedy Sutandy Komarudin, & Nilna Azizatus Shofiyyah. (2022). Internalisasi Kedisiplinan Guru PAI dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6691–6699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7606