Internalisasi Kedisiplinan Guru PAI dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7606Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui internalisasi kedisiplinan guru PAI dalam mengembangkan soft skill siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam perilaku, pola pikir serta tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang mana disini mengungkapkan fenomena pengalaman yang diperoleh berdasarkan kesadaran pada beberapa individu. Sedangkan dalam teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara secara mendalam, catatan lapangan, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif serta dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi, membercheck , serta audit trail. Hasil penelitian ini adalah mengetahui tentang internalisasi kedisiplinan guru PAI dalam mengembangkan Soft skill Siswa di SMA Plus Nurul Iman Leles, bahwa sebagian besar siswa-siswi SMA Plus Nurul Iman Leles sangat berpotensi untuk mengembangkan soft skill. Namun ada beberapa siswa yang masih perlu dorongan dari orang tua, teman dan lingkungannya, sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengembangkan soft skill.Downloads
Published
2022-10-21
How to Cite
Ajeng Putri, Tedy Sutandy Komarudin, & Nilna Azizatus Shofiyyah. (2022). Internalisasi Kedisiplinan Guru PAI dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6691–6699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7606
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ajeng Putri, Tedy Sutandy Komarudin, Nilna Azizatus Shofiyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).