Pengaruh Strategi Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Lais

Authors

  • Memi Eprianti Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7568

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi  crossword puzzle  terhadap  hasil belajar siswa  pada pembeljaran IPS pada kelas v sd. Metode penelitian  ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan bentuk penelitian metode quasi – eksperimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design sampel penelitian ini ditentukan sebanyak siswa atau seluruh siswa dari kelas va dan vb sebanyak 44 siswa. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Diketahui bahwa pengaruh strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar  diperoleh = 4,583 hal ini berarti antara kelas eksperimen dengan menggunakan strategi  crossword puzzle dan kelas kontrol dengan menggunakan strategi crossword puzzle  jadi yang memiliki pengaruh besar adalah kelas eksperimen jadi kelas eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman IPS siswa karena nilai menunjukan nilai yang positif. Akan tetapi untuk mengetahui perbandingan antara kedua kelas tersebut dilakukan Uji Independent T Test yang menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000  0,05 atau  = 4,583  = 1.68195. Maka dapat disimpulkan bahwaditolak dan  diterima atau ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pemahaman belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hipotesis dalam penelitian yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara strtegi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pemahaman pembelajaran IPS ( Ilmu Pengetahuan sosial

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Eprianti, M. ., Dedy, A. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Strategi Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Lais . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5632–5637. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7568