Tingkat Kontrol Diri Siswa Kelas X IPA SMA N 1 Bandar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7560Abstract
Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui tingkat kontrol diri siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bandar. Sumber data di peroleh secara langsung dari sumber yang menjadi subyek penelitian yaitu siswa kelas X IPA SMA N 1 Bandar yang berjumlah 162 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala kontrol diri. Berdasarkan hasil uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan Rumus Alpha Cronbach diperoleh dari skala kontrol diri r11 = 0,857. Hasil tersebut selanjutnya dikonsultasikan dengan r tabel Product moment Untuk N = 61 dengan taraf signifikasi 5% = 0,254. Dikarenakan r11 (0,8574) > r tabel (0,254) maka dapat disimpulkan bahwa instrumen skala konsep diri dan instrumen skala kontrol diri dinyatakan reliabel. Dari hasil penelitian tentang tingkat kontrol diri siswa kelas X IPA SMA N Bandar diperoleh data bahwa siswa memiliki kontrol diri pada kategori sangat tinggi sejumlah 1 siswa atau sebesar 1,01 %, sedangkan siswa yang memiliki kontrol diri pada kategori tinggi sejumlah 73 siswa atau sebesar 71,96 % dan siswa yang memiliki kontrol diri pada kategori rendah dengan jumlah 27 siswa atau sebesar 27,03 %.Downloads
Published
2022-10-16
How to Cite
Mariana, A. ., Ismanto, . H. . S., & Venty, V. (2022). Tingkat Kontrol Diri Siswa Kelas X IPA SMA N 1 Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5589–5593. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7560
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggi Mariana, Heri Saptadi Ismanto, Venty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).