Pengaruh Penggunaan Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7483Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan Di Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang banyak menggunakan angka, mulai dari proses pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Pre Experimental Design bentuk One Group Pre-test and Post-test. Di dalam desain ini observasi yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan setelah eksperimen. Dari hasil perhitungan koefisien pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diperoleh (0,160>0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Dari perhitungan koefisien pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diperoleh (0,000<0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 091434 Sait Buntu.Downloads
Published
2022-10-13
How to Cite
Damanik, N. ., Lumbanobing, M. T. ., & Siagian, . L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5282–5292. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7483
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nepti Damanik, Minar Trisnawati Lumbanobing, Lasma Siagian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









