Implementasi TV Sekolah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok A melalui Media Sentra Bahan Alam di TK Indonesia Playschool

Authors

  • Aprilia Karla Adhani Panca Sakti
  • Sri Watini Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7480

Abstract

Taman Kanak-kanak menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia empat  tahun  sampai  memasuki  jenjang  pendidikan  dasar. Pada saat  inilah  anak  sedang  mengalami  masa golden ages atau masa keemasan dimana sel syaraf otak sedang mengalami perkembangan  yang  pesat. Untuk saat ini kemandirian bagi Anak Usia Dini sangatlah penting, maka kemandirian adalah sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan perbuatan yang cenderung individual (mandiri), tanpa bantuan dan pertolongan dari orang lain. Kemandirian anak sangat diperlukan dalam rangka membekali mereka untuk menjalani kehidupan yang akan datang. Dengan kemandirian ini seorang anak akan mampu untuk menentukan pilihan yang ia anggap benar, selain itu ia berani memutuskan pilihannya dan bertanggung jawab atas resiko dan konsekwensi yang diakibatkan dari pilihannya tersebut. Namun pada kenyataan di Sekolah TK Indonesia Playschool terlihat bahwa masih banyak anak-anak Usia Kelompok A (4-5 tahun) yang masih bergantung terhadap guru dan masih belum sikap bertanggung jawab atas apa yang telah dikerjakannya, hal ini disebabkan tidak lain dan tidak bukan karena orangtua bahkan gurunya sendiri yang kurang melatih anak untuk dapat mandiri, segala kekhawatiran para pendidik di TK Indonesia Playschool yang berlebihan kepada anak akan menimbulkan ketidakmandirian. Guru sebagai pendidik dapat memotivasi muridnya untuk dapat bersikap mandiri dalam berbagai situasi dan kondisi.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Adhani, A. K. ., & Watini, S. . (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok A melalui Media Sentra Bahan Alam di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5266–5274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7480