Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Tri Jaya Medan Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7432Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII selama Pandemi Covid-19 Di SMP Tri Jaya Medan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitaf. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) yaitu pengambilan sampel acak sederhana memberi kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan nomor undian. Pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dimana cara pemilihan sampelnya dilakukan dengan cara,peneliti memberikan kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menjadi sampel penelitian dengan cara menggunakan nomor undian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tri Jaya Medan.Hasil uji koefisien determinasi (R2) = 0,230 menunjukkan bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 23,0% sedangkan 20,6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan oleh peneliti dalam penelitian ini.Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Hasugian, . E. V. ., Tarigan, S. Y. B. ., Manullang, D. T. ., & Butarbutar, . I. P. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Tri Jaya Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5039–5046. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7432
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eva Vronika Hasugian, Sarah Yuni Br Tarigan, Dapot Tua Manullang, Injen Pardamean Butarbutar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









