Pengaruh Strategi Imajinasi terhadap Kemampuan Siswa Menentukan Nilai Kehidupan dalam Cerpen Kelas VII SMP Negeri 6 Medan

Authors

  • Andriani Vioneta Hutagaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi imajinasi terhadap kemampuan siswa dalam menentukan nilai kehidupan cerpen dengan menerapkan metode strategi imajinasi. Dari analisis yang diperoleh, hasil data siswa kelas pretst dengan metode imajinasi strategi menunjukkan nilai rata-rata adalah 60,97 sedangkan hasil data siswa pada kelas pottest menggunakan metode strategi imajinasi menunjukkan nilai rata-rata adalah 77 ,50. Hasil hipotesis t diperoleh t_hitung= 2,3780, sedangkan nilai t_tabel pada = 0,05 adalah 1,6699. Oleh karena itu diperoleh t_hitung>t_tabel (2,3780>1,6699) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode strategi imajinasi berpengaruh terhadap meningkatkan nilai kehidupan dalam cerita pendek.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Hutagaol, A. V. ., Sitorus, P. J. ., & Sitohang, T. . (2022). Pengaruh Strategi Imajinasi terhadap Kemampuan Siswa Menentukan Nilai Kehidupan dalam Cerpen Kelas VII SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4919–4933. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7410