Analisis Marketing Komunikasi dalam Menunjang Kinerja Organisasi (Studi Kasus Universitas Kristen Indonesia)

Authors

  • Evi Doren Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7343

Abstract

Komunikasi pemasaran menjadi aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta sebagai penentu suksesnya pemasaran. Dalam pelaksanaannya, para perencana harus dapat memilih strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memaparkan tentang analisis komunikasi pemasaran dalam menunjang kinerja organisasi di Universitas Kristen Indonesia. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Survey berdasarkan rekapitulasi penerimaan dan kelulusan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir, dan wawancara kepada unit humas, mahasiswa, alumni, serta beberapa stakeholder yang telah menjalin kerjasama dengan Universitas Kristen Indonesia. Berdasarkan hal tesebut, penilitian ini bertujuan untuk memberikan informasi, serta mengetahui bagaimana strategi promosi yang telah dilakukan dalam menarik minat calon mahasiswa baru. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahawa komunikasi pemasaran yang telah dilaksanakan Universitas Kristen Indonesia telah dimulai dari penerimaan mahasiswa, proses pembelajaran mahasiswa, lulusan/alumni serta stakeholder. Hal ini dimaksudkan agar adanya peningkatan penerimaan mahasiswa, peningkatan lulusan, dan adanya  stakeholder (dunia usaha, dunia industri, lembaga pemerintahan dan swasta lainnya) dapat menyerap lulusan/alumni pada  pasar tenaga kerja.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Doren, E. . (2022). Analisis Marketing Komunikasi dalam Menunjang Kinerja Organisasi (Studi Kasus Universitas Kristen Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4496–4503. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7343