Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7321Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas serta implikasinya bagi bimbingan dan konseling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batujajar dengan sampel berjumlah 103 orang. Angket motivasi belajar disebarkan melalui media google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batujajar pada masa pembelajaran tatap muka terbatas berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 58,25%. Pentingnya peran guru bimbingan dan konseling dalam masa pembelajaran tatap muka terbatas agar siswa dapat beradaptasi dari proses pembelajaran daring menjadi proses pembelajaran tatap muka, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran serta memaksimalkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan data awal untuk intervensi oleh guru bimbingan dan konseling ataupun peneliti lain dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di masa pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga diharapkan dapat melengkapi dan memperkuat penelitian terdahulu.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Attika, S., Putra, R. M., & Novianti, W. (2022). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6675–6681. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7321
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shidratul Attika, Roby Maiva Putra, Williya Novianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









