Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema 1 Subtema 2 UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7270Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain None equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik Non Probability Sampling. Sampel penelitian berjumlah 21 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan cara teknik tes berupa tes hasil belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 2. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata-rata 71,5. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media interaktif animasi adalah dengan nilai rata-rata 83,57. Hasil uji t diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan media interaktif animasi memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Pandiangan, . Elya F. ., Pasaribu, E., & Silalahi, . M. V. . (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema 1 Subtema 2 UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4146–4156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7270
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elya Fransiska Pandiangan, Eva Pasaribu, Mastiur Verawaty Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).