Transformasi Pendidikan Kristen: Refleksi Historis Mengenai Reformasi Teologi dan Pedagogi Martin Luther pada Abad Ke-16 M

Authors

  • Della Gita Van Gobel IAKN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7218

Abstract

Gerakan Reformasi Gereja yang dilakukan oleh Martin Luther pada abad ke-16 bukan hanya sebuah upaya pembaharuan teologi. Pada saat yang sama Martin Luther juga melakukan pembaharuan secara pedagogi yang memberikan dampak yang besar bagi perkembangan pendidikan Kristen. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan secara historis gerakan reformasi gereja abad ke-16 yang dipelopori oleh Martin Luther dengan fokus pembahasan pada upaya reformasi teologis dan pedagogis serta implikasinya dalam prinsip dan praktik pendidikan Kristen masa kini. Tulisan ini dikaji melalui metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan-bahan penelitian yang berasal dari  berbagai literatur berupa artikel jurnal ilmiah dan buku-buku. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah berbagai literatur yang relevan dengan peristiwa reformasi gereja pada abad ke-16 dan gerakan reformasi Martin Luther. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi reformasi teologi dan pedagogis Martin Luther bagi pendidikan Kristen mencakup beberapa hal yaitu: pendidikan Kristen merupakan solusi bagi persoalan praktis dan teologis, proses pendidikan Kristen melibatkan semua kalangan, Alkitab sebagai dasar dan pusat pendidikan Kristen, dan pendidikan Kristen berdampak bagi kehidupan gereja dan masyarakat. Kata Kunci: Martin Luther, Reformasi Teologi, Reformasi Pedagogi, Pendidikan Kristen.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Van Gobel, D. G. (2022). Transformasi Pendidikan Kristen: Refleksi Historis Mengenai Reformasi Teologi dan Pedagogi Martin Luther pada Abad Ke-16 M. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3942–3946. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7218