Transformasi Pendidikan Kristen: Refleksi Historis Mengenai Reformasi Teologi dan Pedagogi Martin Luther pada Abad Ke-16 M
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7218Abstract
Gerakan Reformasi Gereja yang dilakukan oleh Martin Luther pada abad ke-16 bukan hanya sebuah upaya pembaharuan teologi. Pada saat yang sama Martin Luther juga melakukan pembaharuan secara pedagogi yang memberikan dampak yang besar bagi perkembangan pendidikan Kristen. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan secara historis gerakan reformasi gereja abad ke-16 yang dipelopori oleh Martin Luther dengan fokus pembahasan pada upaya reformasi teologis dan pedagogis serta implikasinya dalam prinsip dan praktik pendidikan Kristen masa kini. Tulisan ini dikaji melalui metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan-bahan penelitian yang berasal dari berbagai literatur berupa artikel jurnal ilmiah dan buku-buku. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah berbagai literatur yang relevan dengan peristiwa reformasi gereja pada abad ke-16 dan gerakan reformasi Martin Luther. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi reformasi teologi dan pedagogis Martin Luther bagi pendidikan Kristen mencakup beberapa hal yaitu: pendidikan Kristen merupakan solusi bagi persoalan praktis dan teologis, proses pendidikan Kristen melibatkan semua kalangan, Alkitab sebagai dasar dan pusat pendidikan Kristen, dan pendidikan Kristen berdampak bagi kehidupan gereja dan masyarakat. Kata Kunci: Martin Luther, Reformasi Teologi, Reformasi Pedagogi, Pendidikan Kristen.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Van Gobel, D. G. (2022). Transformasi Pendidikan Kristen: Refleksi Historis Mengenai Reformasi Teologi dan Pedagogi Martin Luther pada Abad Ke-16 M. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3942–3946. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7218
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Della Gita Van Gobel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









