Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf di Kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan

Authors

  • Marsaulina Samosir Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf  Di  Kelas  X SMA Holy  Kids Bersinar  Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang bejumlah 20 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah  sebanyak 20  orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan  untuk mengumpulkan data yaitu tes objektif berupa esai  Metode penelitian ini bersifat korelasi. Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni membaca SQ3R tergolong baik dengan nilai rata-rata 75,65  dan kemampuan menemukan ide pokok paragraf tergolong baik dengan nilai rata-rata81,09 Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf  adalah signifikan dimana rhitung > rtabel  pada taraf signifikan 95% = 0,41> 0,339 maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf  Tahun 2022/2023.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Samosir, . M., Sitohang, T. ., & Simanjuntak, H. . (2022). Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf di Kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3754–3769. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7210