Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pegagan Hilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7184Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di Smp Negeri 1 Pegagan Hilir Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 siswa dan jumlah sampel adalah 93 siswa atau disebut dengan total sampling. Metode analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolineritas, analisis statistic berganda, analisis linear regresi berganda, uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (f) dan uji R2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor terhadap prestasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan persamaan Y= 16,55 + 0,48 X1 + 0,53 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung >ttabel (4.820 >thitung) dan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara faktor internal terhadap prestasi belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung >ttabel (5.146) dan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,005 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar.Downloads
Published
2022-10-01
How to Cite
Manik, . . . B. R. ., Damanik, Y. ., Lase, . A. ., Simbolon, J. C. ., & Sinaga, D. . (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pegagan Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3616–3626. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7184
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Betti Rouli Manik, Yantarasi Damanik, Agustina Lase, Joice Chatrine Simbolon, Dearlina Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









