Analisis Simulasi Antrian Penumpang di Check-in Counter Bandara Menggunakan Discrete Event Simulation: Studi Kasus Citilink di Bandara Soekarno-Hatta

Authors

  • Aulia Rinaldy Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Jenny Aryanti Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Pino Rachmandika Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Fergyanto E. Gunawan Universitas Bina Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7137

Abstract

Antrian merupakan suatu konsekuensi dari relatif mahal dan terbatasnya suatu fasilitas pelayanan. Antrian dapat terjadi pada berbagai tempat dan waktu, salah satunya pada loket check-in di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Analisis terhadap sistem antrian perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam rangka mencapai kepuasan konsumen. Beberapa parameter dibutuhkan untuk mengetahui kondisi existing dan parameter sistem antrian yang meliputi: banyak penumpang dalam sistem, banyak penumpang dalam antrian, lama penumpang dalam sistem, dan lama penumpang dalam sistem antrian. Kedatangan penumpang yang terjadi di check-in counter maskapai penerbangan Citilink adalah kedatangan penumpang untuk melakukan check-in untuk seat maupun bagasi. Hasil survey lapangan menunjukkan bahwa waktu pelayanan rata-rata tiap penumpang adalah 2,17 menit/penumpang. Sedangkan dalam simulasi menggunakan Discrete Event Simulation pada Arena diperoleh bahwa waktu rata-rata penumpang yang diperoleh jika 11 penumpang yang menunggu dalam antrian adalah 1,78 menit/penumpang. Hal ini menunjukkan bahwa sistem antrian penumpang di check-in counter Citilink di Bandara Soekarno-Hatta telah berjalan normal.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Rinaldy, . A. ., Aryanti, J., Rachmandika, P. ., & Gunawan, F. E. . (2022). Analisis Simulasi Antrian Penumpang di Check-in Counter Bandara Menggunakan Discrete Event Simulation: Studi Kasus Citilink di Bandara Soekarno-Hatta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3449–3460. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7137