Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7079Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih kurang dan rendahnya kemampuan guru dalam merangsang kemampuan membaca huruf hijaiyah anak pada saat kegiatan pembelajaran, selain kemampuan guru yang terbatas, juga media yang di gunakan dalam pembelajaran tidak menarik serta belum ada alat permainan yang dapat mengembangkan kemampuan membaca anak berdasarkan tahap perkembangan anak usia dini di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran pohon huruf hijaiyah, mengetahui kelayakan media pembelajaran pohon huruf hijaiyah dan mengetahui peningkatan keefektivitasan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media pohon huruf hijaiyah. Penelitian ini adalah R and D (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket validasi dari ahli desain media dan ahli materi, serta menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh kelayakan persentase terhadap desain produk yaitu 97.83%. pada aspek materi mendapat persentase kelayakan 91.66 %. Jumlah rata-rata skor pada penilaian produk sebesar 3.83 dengan persentase kelayakan 94.74%. Maka dapat disimpulkan bahwa produk ini “sangat layak”. Sedangkan pada tahap uji coba pada anak mendapat persentase BSH yaitu 75 % dan BSB yaitu 25 %. Pada tahan uji kefektifan pengembangan kemampuan membaca memiliki rata rata gain score 87,5 dengan klasifikasi sangat tinggi.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Manik, . I. Y. B. ., Purba, H., & Nunzairina, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3087–3096. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7079
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irma Yani Br Manik, Hadis Purba, Nunzairina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









