Penggunaan Audio Visual Youtube “Arabic Podcast” Pada Pembelajaran Maharah Kalam di SMA Muhammadiyah 4 Depok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6985Abstract
Keterampilan berbicara sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab karena keterampilan berbicara untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dalam menggunakan bahasa Arab salah satunya dengan mempelajari Maharah kalam. Pemilahan media yang tepat dan efektif bagi siswa dalam penyampaian pembelajaran merupakan tantangan tersendiri bagi guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas serta kepuasan peserta didik dalam pembelajaran Maharah kalam melalui via YouTube Arabic podcasts. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan teknik analisis data verification/conclusion drawing atau penarikan kesimpulan dan verifikasi data serta penggumpulan data melalui teknik wawancara kepada guru bahasa Arab SMA Muhammadiyah 4 Depok. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengunaan “Arabic Podcast” pada pembelajaran maharah kalam merupakan cara efektif setra mudah dalam memahami materi tersebut. Strategi yang dilakukan sebagai upaya terwujudnya keberhasilan pembelajaran, sehingga ini mencakup penggunaan konten arabic podcast baik secara audio maupun visual. Meskipun hanya menjadi tambahan bahan ajar namun aktivitas ini cukup efektif dalam memahami materi maharah kalam.Downloads
Published
2022-09-23
How to Cite
Rachel Aziza Rukmantara, & Septi Gumiandari. (2022). Penggunaan Audio Visual Youtube “Arabic Podcast” Pada Pembelajaran Maharah Kalam di SMA Muhammadiyah 4 Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2459–2466. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6985
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rachel Aziza Rukmantara, Septi Gumiandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









