Implikasi Penggunaan Media Manö-Manö dalam Model Discovery Learning terhadap Literasi Membaca

Authors

  • Kristian Gea Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jamaluddin Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kartini Br. Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa sebelum dan sesudah penggunaan media manÖ-manÖ di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen (experimental method) dengan menggunakan True-eksperimental design dengan bentuk Two Group Posttest only Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik uji “t’. Hasil analisis data kemampuan membaca cepat menunjukkan suatu peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata kelas kontrol 79, 47 KM tergolong sangat lambat menjadi, pada rata-rata kelas eksperimen 131,72 KM tergolong cepat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan thitung > ttabel atau 7,454 > 1.703, maka tolak Ho dan terima Ha, berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media manÖ-manÖ terhadap kemampuan literasi membaca siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur diterima kebenarannya.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Gea, . . K. ., Sitorus, . J. ., & Bangun, K. B. . (2022). Implikasi Penggunaan Media Manö-Manö dalam Model Discovery Learning terhadap Literasi Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6965