Implikasi Penggunaan Media Manö-Manö dalam Model Discovery Learning terhadap Literasi Membaca
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6965Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa sebelum dan sesudah penggunaan media manÖ-manÖ di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen (experimental method) dengan menggunakan True-eksperimental design dengan bentuk Two Group Posttest only Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik uji “t’. Hasil analisis data kemampuan membaca cepat menunjukkan suatu peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata kelas kontrol 79, 47 KM tergolong sangat lambat menjadi, pada rata-rata kelas eksperimen 131,72 KM tergolong cepat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan thitung > ttabel atau 7,454 > 1.703, maka tolak Ho dan terima Ha, berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media manÖ-manÖ terhadap kemampuan literasi membaca siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur diterima kebenarannya.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Gea, . . K. ., Sitorus, . J. ., & Bangun, K. B. . (2022). Implikasi Penggunaan Media Manö-Manö dalam Model Discovery Learning terhadap Literasi Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6965
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kristian Gea, P. Jamaluddin Sitorus, Kartini Br. Bangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









