Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja di Boarding School SMA N 5 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6960Abstract
Permasalaham dalam penelitian ini adalah pembinan akhlakul karimah di Asrama Boarding School SMAN 5 Payakumbuh yang mana membantu remaja membina akhlakul karimah seperti akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap sesame yang mana akhlak terhadap Allah dengan pembiasaan sholat 5 waktu berjemaah, thafgidz, tahsin, kajian agama dan akhlak terhadap sesame seperti jogging, makan bersama, belajar bersama, dan melakukan rolling kamar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan suatu lokasi, ruangan yang luas atau ditengah-tengah masyarakat. Metose penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah sistematis factual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu untuk mencoba menggambarkan fenomena secara detail. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Pembina asrama di Asrama Boarding School SMAN 5 Payakumbuh. Sedangkan yang menjadi informan pendukung dalam penelitian ini adalah kepala Pembina dan remaja di asrama tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pertama, akhlak kepada Allah SWT, akhlak yang dikembangkan adalah sholat merupakan salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah SWT atas semua yang diberikan-Nya. Kedua, akhlak kepada sesama, meliputi pembinaan ukhwaa melalui kegiatan pertemuan dan di dalam kegiatan tersebut ada penyampaian materi tentang sopan antun, bertanggung jawab, saling menghargai dan saling memaafkan yang bisa mempererat dan bersama-sama belajar. memanah juga dapat melatih keseimbangan, kesabaran, focus serta memberikan relaksasi terhadap tubuh.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Angraini, . . A. ., & Puta, D. P. . (2022). Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja di Boarding School SMA N 5 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2384–2390. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6960
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggun Angraini, Dodi Pasila Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









