Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Disiplin Belajar Siswa dari Keluarga Broken home di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman

Authors

  • Aisyah Afriani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Dodi Pasila Putra UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Linda Yarni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alfi Rahmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6958

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru BK dalam mengatasi masalah disiplin belajar siswa yang berasal dari keluarga broken home. Masalah belajar yang dialami siswa tersebut seperti siswa terlambat memasuki kelas, siswa tidak mengumpulkan tugas, serta siswa yang tidak hadir tanpa keterangan. Tujuan yang ingin dicapai dalam hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Disiplin Belajar Siswa Dari Keluarga Broken home Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman. Jenis penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah dua  orang guru bimbingan dan konseling, sedangkan untuk informan pendukung adalah siswa yang berasal dari keluarga broken home yang mengalami masalah disiplin belajar yang berjumlah tiga belas orang siswa. Dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan penulis melakukan wawancara dengan informan tersebut. Setelah data diperoleh kemudian data diolah dengan menggunakan analisis data deskriptif analitik dan dilakukan trigulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK ada 4 komponen layanan yaitu layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif dan dukungan sistem. Pada layanan dasar guru BK menggunakan strategi layanan dengan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok. Pada layanan peminatan dan perencanaan individual guru BK menggunakan strategi layanan dengan bimbingan klasikal, konseling individual, konseling kelompok, dan bimbingan kelompok. Pada layanan responsif guru BK menggunakan strategi layanan dengan konseling individual, konseling kelompok, dan konsultasi. Pada dukungan sistem disini guru BK mendapatkan dukungan dari pihak sekolah dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ini hanya saja disini pihak sekolah tidak memiliki anggaran tersendiri untuk pelaksanaan layanan BK.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Afriani, A. ., Putra, D. P. ., Yarni, L. ., & Rahmi, A. . (2022). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Disiplin Belajar Siswa dari Keluarga Broken home di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2370–2377. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6958

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2