Application of Learning to Code with Loose Parts to Improve Children's Early Literacy Skills in Early Childhood Education
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6894Abstract
Berdasarkan survey awal dilapangan hampir semua lembaga PAUD mengalami kendala dalam proses penyelenggaraan pembelajaran dimasa pandemi ini. Tidak terkecuali juga lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Kudus yang mana menjadi salah satu Kabupaten yang berada dizona merah. Penggunaan loose part dalam pembelajaran coding untuk anak usia dini menjadi pembiasaan serta sebagai upaya dalam mengoptimalisasikan potensi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui pembelajaran coding berbasis loose part. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lebih spesifik pada penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di TK Muslimat NU Nawa Kartika dan menjadikan peserta didik kelompok B2 sebagai subyek penelitian, adapun jumlah peserta didik pada saat penelitian ini berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil perhitungan, pada pra siklus kemampuan literasi awal anak di TK Muslimat NU Nawa Kartika Kelas B2 baru mencapai 27% anak yang telah dikategorikan mampu, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 60%, dan pada siklus II Ketercapaian literasi awal anak sudah mencapai 86%. Jadi, dapat terjadi peningkatan kemampuan literasi anak setelah menggunakan pembelajaran coding berbasis loose partDownloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Lia, N. F. A. . (2022). Application of Learning to Code with Loose Parts to Improve Children’s Early Literacy Skills in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1982–1998. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6894
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Naila Fikrina Afrih Lia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).