Analisis Penerapan Program Literasi Terhadap Penanaman Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6882Abstract
Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui penerapan GLS terhadap penanaman karakter gemar membaca pada siswa SDS Torsina III, Singkawang. Pendekatan dilakukan dengan metode kualitatif berjenis studi kasus atas suatu kebijakan. Sumber data penelitian berupa wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Objek sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wali kelas 2A, wali kelas 5B, pustakawan, guru bahasa indonesia, siswa kelas 2A dan siswa kelas 5B. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan menunjukan bahwa, pelaksanaan literasi di SDS Torsina III Singkawang sudah berjalan dengan baik dan target penanaman karakter gemar membaca pada siswa sudah terpenuhi. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya tahapan demi tahapan pelaksanaan literasi di SDS Torsina III Singkawang, mulai dari fase pembiasaan, pengembangan maupun pengintegrasian literasi dalam pembelajaran. Dari ke 3 fase pelaksanaan literasi tersebut setiap indikator utamanya sudah terpenuhi, diantaranya, fase pertama tahap pembiasaan; pelaksanaan literasi baca 15 menit dan kondisi lingkungan sekolah yang kaya teks sudah terpenuhi di SDS Torsina III Singkawang, fase kedua pengembangan; yang meliputi kegiatan ekstrakulikuler literasi, waktu kunjungan perpustakaan, bulan literasi, dan bentuk apresiasi sekolah terhadap prestasi siswa dalam meningkatkan literasi sudah terpenuhi dan fase ketiga, pengintegrasian literasi dalam pembelajaran; yang meliputi metode pelaksanaan literasi oleh guru saat mengajar di kelas sudah terpenuhi.Downloads
Published
2022-09-17
How to Cite
Jewarut, . S. ., & Sumarni, M. L. . (2022). Analisis Penerapan Program Literasi Terhadap Penanaman Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1918–1928. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6882
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siprianus Jewarut, Margaretha Lidya Sumarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









