Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span

Authors

  • Ni Made Ayu Krisna Wulandari Universitas Surabaya,
  • Luh Gede Laksmi Eva Jayanti Universitas Surabaya,
  • Florence Olivia Cuo Universitas Surabaya,
  • Felicia Laumanto Universitas Surabaya,
  • Putu Cintya Mas Pradnya D Universitas Surabaya,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6870

Abstract

Eksperimen ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pemberian permainann edukatif puzzle dengan peningkatan kapasitas working memory pada anak. Penulisian ini akan menggunakan desain pretest-posttest control group design, dengan menggunakan anak-anak dengan rentang usia 11 hingga 12 tahun, atau yang duduk di bangku SD sebagai partisipan. Bentuk intervensi yang diberikan adalah permainann edukatif puzzle, sedangkan untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan kapasitas working memory, penulisian ini akan menggunakan digit span forward dan digit span backward. Hasil menunjukkan bahwaa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t > 0.05, Asymp. Sig. = 0.41). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian permainann edukatif puzzle dengan berbagai tingkatan dan lebih menantang yang disesuaikan dengan usia. Implikasi dari penulisian ini adalah permainann edukatif puzzle tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kapasitas working memory anak.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Wulandari, N. M. A. K. ., Eva Jayanti, L. G. L. ., Cuo, F. O. ., Laumanto, F. ., & Pradnya D, P. C. M. . (2022). Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1847–1853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6870

Most read articles by the same author(s)