Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6870Abstract
Eksperimen ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pemberian permainann edukatif puzzle dengan peningkatan kapasitas working memory pada anak. Penulisian ini akan menggunakan desain pretest-posttest control group design, dengan menggunakan anak-anak dengan rentang usia 11 hingga 12 tahun, atau yang duduk di bangku SD sebagai partisipan. Bentuk intervensi yang diberikan adalah permainann edukatif puzzle, sedangkan untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan kapasitas working memory, penulisian ini akan menggunakan digit span forward dan digit span backward. Hasil menunjukkan bahwaa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t > 0.05, Asymp. Sig. = 0.41). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian permainann edukatif puzzle dengan berbagai tingkatan dan lebih menantang yang disesuaikan dengan usia. Implikasi dari penulisian ini adalah permainann edukatif puzzle tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kapasitas working memory anak.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Wulandari, N. M. A. K. ., Eva Jayanti, L. G. L. ., Cuo, F. O. ., Laumanto, F. ., & Pradnya D, P. C. M. . (2022). Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1847–1853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6870
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Ayu Krisna Wulandari, Luh Gede Laksmi Eva Jayanti, Putu Cintya Mas Pradnya Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









