Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Membentuk Karakter Siswa SMPN 1 Ngunut

Authors

  • Venna Prisella Harisaputri Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6848

Abstract

Strategi dalam suatu pembelajaran terhadap peserta didik harus tepat kita perlu adanya pendekatan terhadap peserta didik agar kita dapat mengetahui setiap karakter anak. Strategi pembelajaran memudahkan siswa menerima atau memahami materi pembelajaran, dan pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai oleh siswa. Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran salah satunya menenkankan pentingnya kemampuan literasi. Pemerintah telah membuat program terkait literasi yaitu gerakan literasi sekolah untuk dilaksanakan di setiap jenjang sekolah.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui teknik dan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis literasi, mengidentifikasi media pembelajaran IPS berbasis literasi dan menganalisis evaluasi hasil belajar siswa setelah pembelajaran IPS berbasis literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, studi dokumen, observasi. Uji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian Teknik pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 1 Ngunut menggunakan teknik ceramah dan teknik diskusi. Pelaksanaan pembelajaran tersebut didalam kelas memerlukan peranan dari dua unsur penting yaitu guru dan siswa dengan perannya masing- masing. Guru sebagai pendidik mendorong siswa agar tertarik mengikuti pembelajaran dan mendampingi siswa selama kegiatan pembelajaran. Pembelajaran literasi dalam kelas ditujukan agar siswa lebih aktif, kreatif, kritis dan memiliki kemampuan literasi. Media yang guru gunakan dalam pembelajaran IPS berbasis literasi yaitu menggunakan ebook, media internet, dan mengamati kondisi yang ada dimasyarakat di lingkungan kita berada. Evaluasi siswa evaluasai tidak jauh berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yaitu melalu tes tulis maupun nontertulis. Penilaian tertulis digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kognitif siswa sedangkan nontertulis digunakan untuk mengetahui afektif siswa terutama kemampuan literasi.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Harisaputri, V. P. . (2022). Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Membentuk Karakter Siswa SMPN 1 Ngunut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1724–1728. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6848