Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Membentuk Karakter Siswa SMPN 1 Ngunut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6848Abstract
Strategi dalam suatu pembelajaran terhadap peserta didik harus tepat kita perlu adanya pendekatan terhadap peserta didik agar kita dapat mengetahui setiap karakter anak. Strategi pembelajaran memudahkan siswa menerima atau memahami materi pembelajaran, dan pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai oleh siswa. Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran salah satunya menenkankan pentingnya kemampuan literasi. Pemerintah telah membuat program terkait literasi yaitu gerakan literasi sekolah untuk dilaksanakan di setiap jenjang sekolah.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui teknik dan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis literasi, mengidentifikasi media pembelajaran IPS berbasis literasi dan menganalisis evaluasi hasil belajar siswa setelah pembelajaran IPS berbasis literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, studi dokumen, observasi. Uji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian Teknik pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 1 Ngunut menggunakan teknik ceramah dan teknik diskusi. Pelaksanaan pembelajaran tersebut didalam kelas memerlukan peranan dari dua unsur penting yaitu guru dan siswa dengan perannya masing- masing. Guru sebagai pendidik mendorong siswa agar tertarik mengikuti pembelajaran dan mendampingi siswa selama kegiatan pembelajaran. Pembelajaran literasi dalam kelas ditujukan agar siswa lebih aktif, kreatif, kritis dan memiliki kemampuan literasi. Media yang guru gunakan dalam pembelajaran IPS berbasis literasi yaitu menggunakan ebook, media internet, dan mengamati kondisi yang ada dimasyarakat di lingkungan kita berada. Evaluasi siswa evaluasai tidak jauh berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yaitu melalu tes tulis maupun nontertulis. Penilaian tertulis digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kognitif siswa sedangkan nontertulis digunakan untuk mengetahui afektif siswa terutama kemampuan literasi.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Harisaputri, V. P. . (2022). Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Membentuk Karakter Siswa SMPN 1 Ngunut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1724–1728. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6848
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Venna Prisella Harisaputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









