Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum dan Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran Course Review Horay
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6775Abstract
Sejak terkonfirmasi pertama kali pada akhir Desember 2019 yang terus berlangsung hingga awal Januari 2022, pemerintah Indonesia terus berupaya menerapkan strategi pencegahan Covid-19 antara lain PPKM dan eksklusi sosial. Upaya penurunan angka COVID-19 terus dilakukan oleh pemerintah agar aktivitas sosial kembali berjalan dengan normal, termasuk dalam hal pendidikan. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan ketaatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan menyebabkan angka penyebaran COVID-19 akhirnya menurun. Masyarakat mulai beraktivitas normal walau tetap menjalankan protokol Kesehatan, demikian pula siswa sudah mulai diizinkan ke sekolah untuk mengikuti proses kegiatan pembelajaran secara luring. Namun pada saat pelaksanaan sistem pembelajaran, terdapat sebagian besar siswa yang bingung dengan informasi yang diberikan. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan masa peralihan yang dialami oleh siswa yang sebelumnya melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dan kini melaksanakannya secara luring membuat siswa harus beradaptasi kembali. Terlebih lagi, dengan penggunaan media pembelajaran oleh guru terlihat berulang-ulang dan membuat siswa merasa bosan sehingga memberikan dampak terhadap penurunan pencapaian akademik. Maka, model pembelajaran yang kreatif dan inovatif digunakan untuk meningkatkan kembali capaian akademik siswa melalui course review horay. Studi ini bertujuan untuk memastikan apakah terdapat perbedaan hasil belajar tipikal siswa pre- dan post- implementasi model pembelajaran course review horay. Uji-t dua sampel berpasangan adalah pendekatan yang diimplementasikan dalam studi ini. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata capaian belajar matematika siswa pre- dan post- penggunaan model pembelajaran course review horay dimana nilai rata-rata siswa lebih tinggi.Downloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Sergio, A. ., & Husien, N. . (2022). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum dan Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran Course Review Horay. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6775
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andrean Sergio, Nani Husien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









