Upaya Wali Kelas dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 03 Geragahan Kec. Lubuk Basung Kab. Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6761Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena motivasi belajar siswa dikelas saat belajar tidak mendengarkan guru ketika menerangkan pelajaran, bermain dengan teman sebangku ketika guru menerangkan materi, masih terbata-bata dalam membaca, dan belum lancar berhitung. Upaya wali kelas III dalam mengembangkan motivasi belajar siswa tidak dapat dilaksanakan secara optimal dikarenakan pengurangan jam pengajaran dikelas, upaya wali kelas memberikan tugas tambahan dan memberikan nasehat atau pujian kepada siswa agar lebih aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya wali kelas III dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di SDN 03 Geragahan Kec. Lubuk Basung Kab. Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi berupa nilai. Pada penelitian ini mengunakan 1 informan kunci yaitu wali kelas III dan 7 informan pendukungnya yaitu guru mata pelajaran agama, siswa ER, siswa KF, siswa RZ, siswa SB, siswa HAZ, siswa BFW. Teknik analisis data yaitu menelaan seluruh data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data penulis melakukan triagulasi data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya yang dilakukan wali kelas III dalam mengembangkan motivasi belajar anak dengan cara memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan disekolah maupun dirumah, memberi nilai yang sesuai dengan hasil belajar siswa, dan memberikan dorongan ataupun pujian terhadap siswa agar merekea memiliki rasa kepercayaan diri terhadap hasil belajar mereka, sehingga motivasi belajar siswa menjadi meningkat.Downloads
Published
2022-09-11
How to Cite
Harahap, . . M. A. M. ., & Yarni, L. (2022). Upaya Wali Kelas dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 03 Geragahan Kec. Lubuk Basung Kab. Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1247–1257. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6761
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mifta Atul Marzuliah Harahap, Linda Yarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).