Studi Motivasi dan Trend Berpakaian Wanita Muslimah dalam Mengenakan Hijab pada Mahasiswi di Universitas Sriwijaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6759

Abstract

Seiring perkembangan busana modern pakaian muslimah (hijab) mendapat tempat yang istimewa di mata wanita-wanita muslimah, sehingga model dan gaya busana muslimah juga dapat bersaing di dunia bisnis pakaian, terutama di negara-negara mayoritas muslim. Kenyataan ini juga mempengaruhi dalam pakaian dalam dunia pendidikan tinggi, Perguruan Tinggi Umum (PTU) seperti Universitas Sriwijaya dalam peraturan berpakaian mengikuti aturan umum bebas pantas dan tidak ada kewajiban khusus. Penelitian ini bertujuan mengungkap dan menganalisis motivasi mahasiswi berbusana muslimah, apakah karena perintah agama, apakah karena matakuliah Pendidikan Agama Islam atau budaya yang berkembang dalam tren berpakaian saat ini, serta apakah pakaian tersebut menunjukkan identitas kelompok atau tidak, baik dari sisi pemahaman keagamaan atau dari sisi trend berpakaian saja. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, Secara umum walaupun tidak ada aturan resmi dari universitas, mahasiswi muslimah mayoritas menggunakan hijab di lingkungan kampus, dengan perbandingan 90% berhijab dan 10% tidak berhijab bagi kampus yang berada di Indralaya. Namun berbeda dengan kampus yang berada di kota Palembang perbandingannya 60% berhijab 40% tidak berhijab. Model dan trend hijab yang mereka gunakan dapat dikelompokkan kepada: Hijab Gaul (tidak syar’i), hijab standar (semi syar’i), hijab panjang (syar’i) dan hijab plus cadar. Sedangkan cara mereka memakai hijab juga bervariasi, berhijab saat mata kuliah agama Islam saja, berhijab saat di kampus dan tidak di luar kampus, berhijab tetap di manapun berada.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Nurhasan, N. . (2022). Studi Motivasi dan Trend Berpakaian Wanita Muslimah dalam Mengenakan Hijab pada Mahasiswi di Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1232–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6759