Studi Motivasi dan Trend Berpakaian Wanita Muslimah dalam Mengenakan Hijab pada Mahasiswi di Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6759Abstract
Seiring perkembangan busana modern pakaian muslimah (hijab) mendapat tempat yang istimewa di mata wanita-wanita muslimah, sehingga model dan gaya busana muslimah juga dapat bersaing di dunia bisnis pakaian, terutama di negara-negara mayoritas muslim. Kenyataan ini juga mempengaruhi dalam pakaian dalam dunia pendidikan tinggi, Perguruan Tinggi Umum (PTU) seperti Universitas Sriwijaya dalam peraturan berpakaian mengikuti aturan umum bebas pantas dan tidak ada kewajiban khusus. Penelitian ini bertujuan mengungkap dan menganalisis motivasi mahasiswi berbusana muslimah, apakah karena perintah agama, apakah karena matakuliah Pendidikan Agama Islam atau budaya yang berkembang dalam tren berpakaian saat ini, serta apakah pakaian tersebut menunjukkan identitas kelompok atau tidak, baik dari sisi pemahaman keagamaan atau dari sisi trend berpakaian saja. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, Secara umum walaupun tidak ada aturan resmi dari universitas, mahasiswi muslimah mayoritas menggunakan hijab di lingkungan kampus, dengan perbandingan 90% berhijab dan 10% tidak berhijab bagi kampus yang berada di Indralaya. Namun berbeda dengan kampus yang berada di kota Palembang perbandingannya 60% berhijab 40% tidak berhijab. Model dan trend hijab yang mereka gunakan dapat dikelompokkan kepada: Hijab Gaul (tidak syar’i), hijab standar (semi syar’i), hijab panjang (syar’i) dan hijab plus cadar. Sedangkan cara mereka memakai hijab juga bervariasi, berhijab saat mata kuliah agama Islam saja, berhijab saat di kampus dan tidak di luar kampus, berhijab tetap di manapun berada.Downloads
Published
2022-09-11
How to Cite
Nurhasan, N. . (2022). Studi Motivasi dan Trend Berpakaian Wanita Muslimah dalam Mengenakan Hijab pada Mahasiswi di Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1232–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6759
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurhasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









