Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar terhadap Pelaksanaan Tutorial Pendas dan Non Pendas Masa Registrasi 20011.2 di UPBJJ-UT Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6720Abstract
Penelitian bertujuan mengungkap ada tidaknya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar terhadap Pelaksanaan Tutorial pada UPBJJ-UT Pangkalpinang. Penelitian juga ingin mengetahui tingkat kecenderungan variabel Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar dan Pelaksanaan Tutorial di UPBJJ-UT Pangkalpinang. Berkaitan dengan terbatasnya waktu, dana dan nuansa penguasaan ilmu bidang penelitian, maka peneliti melakukan pembatasan terhadap populasi. Besarnya populasi ditetapkan berdasarkan penetapan rombongan belajar yakni mahasiswa semester 6 dan jumlahnya 918 orang. Sedangkan penarikan besarnya sampel penelitian mengacu kepada pendapat Suharsimi Arikunto. Sampel penelitian sebesar 91 orang ditarik dari masing-masing sub populasi secara proforsional dan dengan metode random.Tetapi sewaktu penelitian 11 orang sampel tidak dapat dikumpul datanya, sehingga jumlah nyata sampel menjadi 80 orang. Peneliti menggunakan instrumen penelitian jenis angket yang telah memenuhi persyaratan penggunaannya, yakni terpenuhinya syarat validitas butir pada taraf signifikansi 5% dan memenuhi syarat reliabilitas instrumen sesuai pendapat Thorndike, rii > 0,50. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah statistik parametrik regressi sederhana. Penggunaan ini dilakukan setelah persyaratan penggunaannya (normalitas data variabel-variabel penelitian dan hubungan Y atas X) dinyatakan diterima. Kecenderungan masing-masing variabel penelitian diuji berdasarkan skor-skor ideal dan dibuat atas empat kategori baik, cukup baik, kurang baik dan tidak baik. Penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima pendistribusian bahan ajar terhadap pelaksanaan tutorial pada UPBJJ- UT Pangkalpinang dengan besarnya sumbangan variabel ini terhadap pelaksanaan tutorial sebesar CD = 53,89%. Pelayanan prima pendistribusian bahan ajar masih dalam kategori cukup baik (62,5%) dan hanya 30 % berada pada kategori baik dan masih ada 7,5 % dalam kategori kurang baik. Variabel pelaksanaan tutorial dalam kategori baik (55%) kategori cukup baik (42,5%), dan 2,5 % masih berpendapat tidak baik. Hasil penelitian ini perlu diimplikasikan dengan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pendistribusian bahan ajar dan juga meningkatkan pelaksanaan tutorial pada Universitas Terbuka pada umumnya dan khususnya pada UPBJJ- UT Pangkalpinang.Downloads
Published
2022-09-10
How to Cite
Simanjuntak, H. . (2022). Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar terhadap Pelaksanaan Tutorial Pendas dan Non Pendas Masa Registrasi 20011.2 di UPBJJ-UT Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 930–951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6720
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Haholongan Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).