Respon Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6706Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia pada SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun permasalahan yang diangkat berkaitan dengan seberapa besar tanggapan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu secara umum mayoritas siswa SMP St. Klaus Ruteng, memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil analisis angket respon siswa sebagai berikut: (1) minat mengikuti pembelajaran sebesar 87,78 %, (2) respon siswa berkaitan dengan tujuan pembelajaran sebesar 82,02 %, (3) respon siswa terkait kemampuan mencerna materi sebesar 96,62 %, (4) respon siswa terkait dengan proses pembelajaran sebesar 76,33 %, dan (5) respon siswa terkait dengan umpan balik sebesar 96,67 %. Meskipun secara umum respon siswa berada pada kategori baik, namun perlu terus dilakukan berbagai upaya peningkatan motivasi siswa supaya dapat mencapai respon dalam kategori sangat baik untuk semua aspek. Semoga hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi bagi Lembaga Pendidikan terutama sekolah-sekolah terpencil yang ada di Flores untuk meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Indonesia.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Meo, V. ., & Wahyudin, D. . (2022). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 894–900. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6706
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Veronika Meo, Dinn Wahyudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









