Respon Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT

Authors

  • Veronika Meo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinn Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6706

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia pada SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun permasalahan yang diangkat berkaitan dengan seberapa besar tanggapan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu secara umum mayoritas siswa SMP St. Klaus Ruteng, memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil analisis angket respon siswa sebagai berikut: (1) minat mengikuti pembelajaran sebesar 87,78 %, (2) respon siswa berkaitan dengan tujuan pembelajaran sebesar 82,02 %, (3) respon siswa terkait kemampuan mencerna materi sebesar 96,62 %, (4) respon siswa terkait dengan proses pembelajaran sebesar 76,33 %, dan (5) respon siswa terkait dengan umpan balik sebesar 96,67 %. Meskipun secara umum respon siswa berada pada kategori baik, namun perlu terus dilakukan berbagai upaya peningkatan motivasi siswa supaya dapat mencapai respon dalam kategori sangat baik untuk semua aspek. Semoga hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi bagi Lembaga Pendidikan terutama sekolah-sekolah  terpencil yang ada di Flores untuk meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Meo, V. ., & Wahyudin, D. . (2022). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP St. Klaus Kuwu Ruteng, Flores-NTT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 894–900. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6706